Laman

Assalamualaikum wr.wb

Haloow
kepada pemuda pemudi yang sering berwisata ataupun treveling...dan ingin mengunjungi kuliner-kuliner yang enak dan menggiurkan, temen-temen bisa kok mencicipi santapan tersebut di kota-kota yang bersangkutan.

Jenis kuliner ( makanan dan minuman ) yang tersedia dalam blog ini adalah khusus makanan khas dari suatu kota. Sebelum mencoba makanan khas tersebut temen-temen bisa mengetahui info-info dari makanan-makanan yang di sajikan dalam blog ini.

Semoga informasi yang saya berikan di sini bermanfaat bagi temen-temen sekalian. . . . :)

Terima Kasih,

Wasalamualaikum Wr.Wb

Jumat, 25 Maret 2011

MAKANAN KHAS BANDUNG

 BATAGOR
Jajanan khas Bandung ini memang merupakan modifikasi dari Baso Tahu, yaitu Tahu yang diisi dengan adonan siomay, dimasak dengan cara dikukus, dan disajikan dengan saus kacang dan kecap ditambah perasan jeruk limo.

Berkat kekreatifan orang Bandung, Baso Tahu yang sebelumnya selalu dikukus, dimasak dengan digoreng, ternyata enak rasanya dan teksturnya menjadi kering, klop bagi masyarakat kita yang pada umumnya menyukai gorengan.
Maka jadilah namanya Baso Tahu Goreng atau disingkat menjadi Batagor.

 COLENAK
Colenak adalah singkatan dicocol enak (bahasa sunda),merupakan makanan yang dibuat dari peuyeum (tape singkong) yang dibakar kemudian disajikan dengan saus yang terbuat dari parutan kelapa dan gula merah. Makanan khas Bandung yang masih bertahan meski saat ini agak jarang yang menjualnya. Karena kandungan gula di dalam tape maka tape tersebut mudah gosong, meski ini adalah bagian yang terenak bagi beberapa orang.
MIE KOCOK
Mie kocok itu sejenis mie berkuah panas khas Bandung, dengan tambahan taoge dan daging kikil atau kulit sapi. Rasanya gurih. Nuansa rasa biasanya diperkaya dengan paduan sambal cabai rawit yang pedasnya nendang. Mie kocok ini ada beberapa aliran. Untuk kuah ada yang menyajikan kental sekali, ada yang encer sekali. Untuk kikil, kalau orang Bandung suka yang masih agak kenyal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar