Laman

Assalamualaikum wr.wb

Haloow
kepada pemuda pemudi yang sering berwisata ataupun treveling...dan ingin mengunjungi kuliner-kuliner yang enak dan menggiurkan, temen-temen bisa kok mencicipi santapan tersebut di kota-kota yang bersangkutan.

Jenis kuliner ( makanan dan minuman ) yang tersedia dalam blog ini adalah khusus makanan khas dari suatu kota. Sebelum mencoba makanan khas tersebut temen-temen bisa mengetahui info-info dari makanan-makanan yang di sajikan dalam blog ini.

Semoga informasi yang saya berikan di sini bermanfaat bagi temen-temen sekalian. . . . :)

Terima Kasih,

Wasalamualaikum Wr.Wb

Jumat, 25 Maret 2011

MAKANAN KHAS BETAWI

SOTO TANGKAR
Negara kita sangat kaya dengan aneka jenis masakan daerahnya masing-masing. Kali ini bz! lezat dalam memperingati hari Kemerdekaan RI yang ke 61 menampilkan resep Soto Tangkar yang merupakan salah satu khazanah makanan khas Betawi.






KETOPRAK
Ketoprak adalah salah satu jenis makanan khas Indonesia dengan menggunakan ketupat yang mudah dijumpai. Biasanya ketupat dijajakan menggunakan kereta dorong di jalan-jalan atau di kaki lima.
Komponen utamanya adalah tahu, bihun, ketimun, tauge dan bisa juga pakai telur rebus yang dilengkapi dengan saus kacang, kecap, dan taburan bawang merah goreng. Dapat pula dihidangkan dengan tambahan kerupuk atau emping melinjo. Beberapa versi ada pula yang menyertakan tempe sebagai komponennya
.

SAYUR GABUS PUCUNG
Sayur Gabus Pucung adalah sayur ikan gabus yang berwarna hitam pekat dari pucung (kluwak). Pucung atau kluwak biasa dikenal sebagai bumbu rawon. Jika rawon menggunakan daging, sayur gabus pucung menggunakan ikan gabus.
Bahan utama pucung gabus adalah ikan gabus. Ikan gabus disajikan dalam potongan-potongan ikan pada umumnya, seperti kepala, badan, atau ekor. Ikan gabus yang sudah digoreng, lalu dicemplungkan ke dalam kuah hitam akibat dari pucung (Pangium edule reinw) ibu-ibu ahli dapur mengenal bumbu tersebut dengan nama kluwek. Gabus PucungSebagai tambahan, bumbu dalam kuah tersebut adalah kemiri, bawang merah, bawang putih, cabe merah, jahe, kunyit dan daun salam. Semua bumbu diulek lalu ditumis kemudian dimasukan ke dalam air. Ikan dimasak hingga lunak. Sekilas tampilan kuahnya mirip dengan rawon. (Sumber : Bekasi Heritage )
Sayur ikan gabus pucung sebagai masakan khas Betawi relatif sulit ditemukan. Sebagian wilayah Bekasi yang banyak mendapat pengaruh dari masyarakat Betawi (misalnya sebagian Kota Bekasi hingga Tambun dan Cibitung) mengenal masakan ini sebagai masakan untuk para boss. Selain karena rumah makan yang menyediakannya jarang, ikan gabus juga sulit diternak. Sebagian besar ikan gabus yang didapat merupakan tangkapan dari alam.

1 komentar: